Kualitas Pendidikan yang Rendah

Kualitas Pendidikan yang Rendah


            Kali ini saya akan membahas tentang masalah sosial yang ada di Indonesia. Banyak masalah sosial yang timbul di Indonesia contonya ; pengangguran, kemiskinan, kesenjangan sosial, dll. Masalah yang timbul di Indonesia saling bersangkutan satu sama lain. Pemerintah selalu berbenah dan mengatasi masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

          Salah satu masalah sosial di Indonesia adalah kualitas pendidikan yang rendah. Kualitas pendidikan di Indonesia bisa dikatakan buruk. Jika kita membandingkan negara Indonesia dengan negara lain, jelas kita masih jauh tertinggal dalam mutu pendidikan. Memang siswa selalu lulus dengan nilai yang baik, tapi itu hanya di atas kertas saja. Nyatanya tenaga ahli yang kita miliki hampir kebanyakan berasal dari luar negri. Sedangkan kita hanya bisa mengirim tenaga kerja ke luar negri hanya sebagai buruh atupun pembantu.

          Penyebab rendahnya kualitas pendidikan juga dipengaruhi oleh kualitas dari seorang guru. Kebanyakan guru belum memiliki profesionalisme yang memadai untuk menjalankan tugasnya. Selain itu, tidak meratanya kesempatan pendidikan juga menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan. Dan juga rendahnya prestasi siswa di sekolah.

          Pemerintah sekarang sedang gencar – gencarnya untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah antara lain, dengan memperbaui kurikulum yang ada di Indonesia. Yang dulunya Indonesia menerapkan kurikulum 2007 berganti menjadi kurikulum 2013. Walaupun banyak pro-kontra terhadap kurikulum yang baru ini. Tapi percayalah bahwa pemerintah ingin memperbaiki kualitas mutu pendidikan. Selain peran pemerintah, peran orang tua juga penting dalam memperbaiki kualitas mutu pendidikan, karena orang tua dapat jadi tauladan bagi anak – ananya. Dan peran mahasiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan berupaya untuk senantiasa memenuhi kebutuhan akan perbaikan dari sebuah sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jembatan

Alat Berat ( Buldozer dan Forklift)

Jakarta LRT